‘K’

“History is a tragedy, not a melodrama” – I.F. Stone

Sebuah buah pikiran yang saya buat di tahun kemarin, “ Manusia itu latah, informasi itu candu, tren itu berhala ” mengusik saya kembali hari ini. Bukan tanpa makna kalimat tersebut saya cipta, oke, mungkin saya bukanlah anggota mereka yang namanya bisa ditemukan di kumpulan kutipan orang ternama, namun, kalimat dengan tiga unsur di atas itu saya buat atas pengamatan saya pada dunia. I’m everybody’s number one stalker. Tak jarang air muka saya tampak biasa saat ada rekan yang memberi berita teranyar, ya, karena besar peluangnya untuk saya telah mengetahui hal tersebut, sehari, dua hari, bahkan beberapa bulan sebelumnya. Ya, berita. Informasi. Satu kata yang menjadi candu. Bak narkotika, candu dalam hal ini pun dapat merusak manusia jika keliru pemanfaatannya. Seperti yang saya katakan tadi, hari ini saya terusik kembali oleh candu  informasi ini. Beberapa kamerad dalam sosial media yang saya miliki mendadak berapi-api, terbakar oleh isu yang terjadi di perairan yang letaknya jauh dari negeri ini. Sebuah pernyataan berbunyi “FUCK ISRAEL” (Israel laknat) mendadak banyak dilontarkan. Kening saya pun berkerut mempertanyakan apa yang sebenarnya terjadi sehingga pergolakan masif terjadi. Nada-nada sumbang bersahutan seakan merangkai melodi yang teramat depresif. Luar biasa. Saya tidak mempermasalahkan hal tersebut. Sama sekali tidak. Saya pernah menulis sebelumnya, tentang persepsi, konsepsi, dan konklusi, dan saya sangat menghargai itu. Namun, ada hal yang sangat ingin saya highlight saat ini yaitu perihal aksi dalam beropini. Satu huruf yang menurut saya perlu dicermati dalam kita menyampaikan opini adalah “K”, mengapa? K untuk Kognisi. Berdasarkan KBBI, kognisi merupakan kegiatan atau proses memperoleh pengetahuan. Kata kegiatan atau proses yang mendefinisikannya merujuk pada adanya suatu rangkaian pemikiran yang digunakan sebelum akhirnya memperoleh pengetahuan tersebut. Jika saya jabarkan, ada dua kata sifat yang menggambarkan hal yang kontras dalam esensi “K” ini,

REAKTIF dan KREATIF.

Mereka yang melupakan pentingnya kognisi sebelum beraksi atau beropini ialah mereka yang reaktif, mereka yang latah tadi, mereka yang mudah tergoyang pemberitaan dunia, mereka yang gegabah. Oh, tentu, mereka ini ada di gardu terdepan dalam informasi. Kilat pun mungkin harus mengalah dengan kecepatan mereka, esensialkah? Belum tentu, bahkan mungkin nihil. Akan tetapi, letakkan si “K” itu di depan, apa yang kita dapat? Sebuah hal yang pastinya akan lebih berguna, sebuah kreativitas, sebuah keunikan. Kreativitas yang mungkin mendatangkan perubahan, kreativitas yang bisa membukakan pengetahuan, kreativitas dari tumpukan kognisi, kreativitas dari rangkaian informasi. Sebuah huruf, representasi satu kata, pun jua perwakilan jutaan makna.

Informasi itu bukan kue yang bisa dinikmati setengah-setengah, cari lebih dalam, kumpulkan dahulu secara utuh baru lumat dan olah lah demi pemenuhan kebutuhanmu. Kemudian, hasilkanlah output yang baik lewat pemikiran kita, opini kita. Sekali lagi saya menegaskan, saya tidak peduli apa hasil yang keluar, asal hal tersebut berbasis kognisi yang mumpuni. Pun ia bukan penyampaian seni yang dapat diinterpretasi sendiri. Ia bukan wanita yang tetap indah walau hanya dari bagian dari keseluruhannya. Kreatif bukan reaKtif.

Anyway, for what happened today, I give my deepest condolence. Being martyrs for the sake of human rights is blessing, they did that were they who were chosen by Thy, rest in peace. No matter what you are, where you come from, I’m on behalf of Indonesian within the name of love pray for what is happening.

For the sake of world union and peace, I present this :

Hatred paralyzes life, LOVE releases it

Hatred confuses life, LOVE harmonizes it

Hatred darkens life, LOVE illuminates it

-Martin Luther King, JR.


Leave a Reply

